31 C
Kudus
Rabu, November 30, 2022
BerandaKUDUSDisnaker Kudus Hentikan...

Disnaker Kudus Hentikan Layanan Online Sejak 9 Juni 2020

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejumlah orang tampak keluar masuk di ruang pelayanan Kartu AK1 di Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkopukm) Kudus. Satu di antara mereka yakni Zaenal Abidin. Dia mengaku membuat kartu Tanda Pencari Kerja (AK1) secara online.

Dirinya ke sana untuk mengumpulkan syarat dan mengambil kartu tersebut. Zaenal juga mengungkapkan, proses pembuatan secara online membutuhkan waktu lima hari. “Buatnya cepet sih, tapi nunggunya lama,” ungkapnya.

Sedangkan menurut Bambang Santoso (44), Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja. Untuk membuat AK1 secara online membutuhkan waktu dua hari. Bisa lebih dari dua hari jika di luar hari kerja.

- Ads Banner -

“Bisa lebih lama kalau di luar hari kerja, untuk normalnya sekitar dua hari. Karena sudah tidak kami batasi layanan tatap muka, jadi mulai hari ini kami menghentikan layanan online,” jelasnya, Selasa (9/6/2020).

Baca juga : Pemohon Kartu Kuning di Kudus Melonjak

Menurutnya, layanan online tersebut memang lebih memudahkan warga dalam membuat AK1. Tetapi pihaknya harus bekerja ekstra dalam menginput data, sehingga membatasi layanan tatap muka.

“Untuk layanan online memang inisiatif kami demi menghindari kerumunan. Jadi kami memanfaatkan google form untuk layanan online. Dalam empat hari aktif kerja, kami sudah melayani 285 orang secara online dan 100 orang secara tatap muka,” terangnya.

Kepala Dinas Disnakerperinkopukm, Bambang Tri Waluyo mengimbau, bagi pemohon yang tidak mengikuti protokol kesehatan untuk ditindak tegas. Dengan cara tidak melayani pembuatan kartu AK1.

“Semua wajib menggunakan protokol kesehatan. Bagi yang tidak patuh tidak usah dilayani. Demi keselamatan dan kebaikan bersama kita harus tegas,” tambahnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler