31 C
Kudus
Sabtu, Juli 4, 2020
Beranda Kudus Tips dari Mantan...

Tips dari Mantan Begal Agar Terhindar dari Pembegalan

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebuah miniatur perahu terlihat di depan seorang pria dengan kaki diamputasi. Tangannya tampak terampil menyusun stik es krim. Dia tak lain adalah Wantoro (26), mantan narapidana yang saat ini menjadi perajin miniatur perahu.

Dia sudi berbagi cerita kepada betanews.id tentang pengalaman kelamnya. Dirinya pernah menjadi begal dan divonis selama 2,5 tahun. Semenjak Januari 2018 dirinya dibui, kemudian keluar pada Desember 2019 karena mendapat remisi.

Wawan begitu akrab disapa, membagikan modus-modus begal. Biasanya begal akan mengikuti dari belakang, jika merasa ada yang mengikuti lebih baik anda berhenti. Selain itu juga ada modus lowongan kerja. Jadi membuka lowongan kerja melalui media sosial.

Baca juga : Keluar Lapas dengan Kaki Diamputasi, Wawan Bangkit Bikin Kerajinan Stik Es

“Modus lowongan kerja ini paling sering menargetkan perempuan. Setelah diajak ketemu, kemudian diajak ke lokasi yang sepi dan dibegal. Saat ini yang lagi trend modus menjadi pacar, kenalan lewat medsos kemudian didekati hingga jadi pacar. Biasanya akan diperkosa dan dibegal,” beber bapak dua anak itu.

Saat ini, dia mengajak rekan-rekannya untuk menyudahi pekerjaan tersebut. Lebih baik bekerja yang lain, meski penghasilan sedikit yang penting berkah. Menjadi begal, selain hidupnya tidak tenang, imbas di belakang juga menyakitkan.

“Sekarang prinsip saya berubah. Tidak perlu tenar, tidak perlu sangar, yang penting keluarga kecukupan sandang pangan,” ungkap warga Dukuh Pacikaran, RT 02 RW 06, Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kudus itu, belum lama ini.

Baca juga : Melalui Expo, Kerajinan dari Tegar Store Semakin Dikenal

Wawan melanjutkan cerita, jika dirinya sudah bercerai dengan istrinya. Saat ini, anak keduanya diasuh oleh kakaknya, dan anak kepertama diasuh neneknya. Dia ingin memperbaiki hidup dengan merintis usaha kerajinan miniatur tersebut.

“Saya menikah di usia 19 tahun, dan sekarang sudah punya dua anak. Anak saya masih kecil-kecil, yang pertama usia 4,5 tahun dan yang kedua usia 3 tahun,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

24,655FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
12,711PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

Dibuka Kembali, Wisata Ternadi yang Suguhkan Indahnya Alam Muria Ramai Pengunjung

BETANEWS.ID, KUDUS – Keindahan lereng Penggunungan Muria langsung menyergap indra penglihatan saat tiba di Destinasi Wisata Ternadi, Sabtu (27/6/2020). Cuaca yang cerah...

Industri Furniture di Semarang Ini jadi Langganan Artis Hollywood

BETANEWS.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba-tiba menghentikan sepedanya ketika melintas di depan bangunan tua bergaya Eropa di Jalan Raya...

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kelas 3 Dapat Subsidi Rp 16.500

BETANEWS.ID, KUDUS - Sejumlah orang yang hendak masuk ke kantor BPJS Kesehatan Kudus tampak diarahkan untuk cek suhu badan dan cuci tangan...

Segar di Mulut Aman di Perut, Es Mie Telur Jelly di Kedai Azzam Diburu Pembeli

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Tambak Lulang, Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus tampak bangunan bercat merah jambu. Di dalam bangunan terlihat...

Satu Pegawai Positif Covid-19, Kampus UMK Diliburkan Sepekan

BETANEWS.ID, KUDUS - Universitas Muria Kudus (UMK) akan meliburkan sementara aktivitas di kampus menyusul adanya satu pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Mantan Anggota DPRD Kudus Meninggal di Depan ATM

BETANEWS.ID, KUDUS - Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kudus , Ngatmin Ali Manda meninggal mendadak di depan ATM BNI dekat Kantor Perusahaan Daerah...

Sempat Stop Setahun, Pedangdut Ayu Vaganza Kembali Konsumsi Narkoba Karena Sepi Job

BETANEWS.ID, KUDUS - Pedangdut Ayu Vaganza (23) ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Kudus, Selasa (30/6/2020). Perempuan yang memiliki nama asli...