31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSTips dari Mantan...

Tips dari Mantan Begal Agar Terhindar dari Pembegalan

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebuah miniatur perahu terlihat di depan seorang pria dengan kaki diamputasi. Tangannya tampak terampil menyusun stik es krim. Dia tak lain adalah Wantoro (26), mantan narapidana yang saat ini menjadi perajin miniatur perahu.

Dia sudi berbagi cerita kepada betanews.id tentang pengalaman kelamnya. Dirinya pernah menjadi begal dan divonis selama 2,5 tahun. Semenjak Januari 2018 dirinya dibui, kemudian keluar pada Desember 2019 karena mendapat remisi.

Wawan begitu akrab disapa, membagikan modus-modus begal. Biasanya begal akan mengikuti dari belakang, jika merasa ada yang mengikuti lebih baik anda berhenti. Selain itu juga ada modus lowongan kerja. Jadi membuka lowongan kerja melalui media sosial.

- Ads Banner -

Baca juga : Keluar Lapas dengan Kaki Diamputasi, Wawan Bangkit Bikin Kerajinan Stik Es

“Modus lowongan kerja ini paling sering menargetkan perempuan. Setelah diajak ketemu, kemudian diajak ke lokasi yang sepi dan dibegal. Saat ini yang lagi trend modus menjadi pacar, kenalan lewat medsos kemudian didekati hingga jadi pacar. Biasanya akan diperkosa dan dibegal,” beber bapak dua anak itu.

Saat ini, dia mengajak rekan-rekannya untuk menyudahi pekerjaan tersebut. Lebih baik bekerja yang lain, meski penghasilan sedikit yang penting berkah. Menjadi begal, selain hidupnya tidak tenang, imbas di belakang juga menyakitkan.

“Sekarang prinsip saya berubah. Tidak perlu tenar, tidak perlu sangar, yang penting keluarga kecukupan sandang pangan,” ungkap warga Dukuh Pacikaran, RT 02 RW 06, Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kudus itu, belum lama ini.

Baca juga : Melalui Expo, Kerajinan dari Tegar Store Semakin Dikenal

Wawan melanjutkan cerita, jika dirinya sudah bercerai dengan istrinya. Saat ini, anak keduanya diasuh oleh kakaknya, dan anak kepertama diasuh neneknya. Dia ingin memperbaiki hidup dengan merintis usaha kerajinan miniatur tersebut.

“Saya menikah di usia 19 tahun, dan sekarang sudah punya dua anak. Anak saya masih kecil-kecil, yang pertama usia 4,5 tahun dan yang kedua usia 3 tahun,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler