31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaKUDUSKabar Gembira, Pekerja...

Kabar Gembira, Pekerja yang Dirumahkan Tetap Dapat THR

BETANEWS.ID, KUDUS – Seorang pria paruh baya memasuki ruangan Bidang Hubungan Industrial dan Perselisihan Ketenagakerjaan di kantor Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakerperinkopukm) Kabupaten Kudus, Rabu (6/5/2020). Dia adalah Bambang Tri Waluyo (59), kepala dinas setempat yang akan mengecek data laporan perusahaan di Kota Kretek, soal kesiapan memberi Tunjangan Hari Raya (THR).

Setelah melakukan pengecekan, dirinya menjelaskan, pihaknya sudah memberi surat edaran kepada perusahaan di Kudus perihal THR Keagamaan Tahun 2020 sejak 27 April lalu. Saat ini, sudah ada sejumlah perusahaan yang melaporkan siap melaksanakan kewajiban untuk membayar THR.

“Ini sudah ada beberapa perusahaan yang lapor. Karena paling lambat pemberian THR tujuh hari sebelum Hari Raya, mungkin yang lain akan menyusul. Untuk THR, perusahaan di Kudus sepertinya aman. Termasuk pekerja yang dirumahkan juga dapat THR,” tegasnya.

- Ads Banner -

Pria yang akrab disapa Bambang itu menambahkan, di Kudus ada perusahaan yang memberikan THR 50 persen terlebih dahulu. Sisanya akan diberikan paling lambat akhir 2020. Menurutnya, semua dikembalikan pada kesepakatan antara perusahaan dan serikat buruh.

“Yang penting perusahaan melaksanakan kewajibannya membayar THR. Soal kondisi perekonomian perusahaan yang mungkin terdampak Covid-19, saya persilahkan untuk dirundingkan dengan pekerja untuk mencari jalan tengah dan solusi yang terbaik,” terangnya.

Baca juga: KSBSI Kudus: ‘THR Kewajiban Perusahaan, Bukan Kebaikan Perusahaan’

Selain perusahaan, Disnakerperinkopukm Kudus juga melayangkan surat kepada perbankan agar memenuhi kewajiban memberi THR. Hal ini juga sudah ada perbankan yang merespon dan siap memberi THR.

“Selain perusahaan, ini juga ada perbankan yang sudah merespon surat kami. Mereka sudah menyatakan siap memberi THR. Meski masih banyak perusahaan yang belum melapor, tetapi saya yakin perusahaan di Kudus aman untuk urusan THR,” tandas Bambang.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler