31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSDishub Kudus Kembali...

Dishub Kudus Kembali Buka Layanan Uji KIR, Petugas Kenakan APD

BETANEWS.ID, KUDUS – Sejak 4 Mei 2020, Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus kembali membuka layanan pengujian kendaraan bermotor atau uji KIR. Namun, kali ini, pelayanan dibatasi hanya untuk 40 kendaraan saja.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan, sebelumnya pihaknya meliburkan sementara layanan uji KIR selama satu bulan, yakni bulan April. Penghentian sementara layanan tersebut dikarenakan pandemi Covid-19.

Ia katakan, seharusnya pada April lalu, ada 1.000 an kendaraan yang wajib melakukan uji KIR. Namun, karena pandemi Covid-19, pihaknya menutup sementara layanan tersebut.

- Ads Banner -

Baca juga : Pemkab Kudus Gelontorkan Rp 48 Miliar untuk Hadapi Corona

“Sejak Senin kemarin kami sudah membuka layanan uji KIR kembali. Namun, kali ini kami menerapkan protokol kesehatan. Yakni, petugas kami lengkapi dengan APD (alat pelindung diri), seperti hazmat coverall, masker, kacamata google dan kaus tangan,” ungkapnya saat ditemui di ruangannya Rabu (5/6/2020).

Selain itu, setiap kendaraan yang akan masuk lokasi uji KIR, terlebih dahulu disemprot disinfektan. Pun demikian dengan tempat uji KIR, yang secara rutin setiap pagi juga disemprot disinfektan.

“Jika ada kendaraan kotor dan sopir tidak mengenakan masker, kita minta untuk kembali,” ungkapnya.

Untuk pelayanan, katanya, pada masa pandemi ini waktunya dibatasi, mulai pukul 07.00 hingga 10.30 WIB. Hal itu berlaku dari Senin hingga Jumat. Sedangkan, untuk kuota kendaraan yang melakukan uji KIR dibatasai 40 saja.

Baca juga : Ketahuan dari Zona Merah Covid-19, 50 Kendaraan Pemudik Diminta Putar Balik

Dalam pengujian kendaraan sebagai tanda laik jalan, pihaknya memeriksa antara lain, lampu dan daya pancar, emisi gas buang, sistem kemudi, kaki mobil dan truk serta speedometer.

Selain itu, juga sistem pengereman, kaca mobil, klakson berfungsi dengan baik, ban mobil tidak gundul serta tidak dimodifikasi. Sedangkan untuk biaya uji KIR, antara Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu.


Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler