31 C
Kudus
Selasa, Juni 18, 2024

Dulu Arka Takut Polisi Karena Selalu Bawa Pistol: Sekarang Tidak Lagi, Mereka Ramah dan Baik

SEPUTARKUDUS.COM, KRAMAT – Delapan rambu lalu lintas terlihat berada di halaman Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Kudus, Jumat (3/3/2017).  Terdapat 10 pembatas yang diletakkan di atas baner bergambar lintasan jalan raya. Sejumlah sepeda disiapkan tak jauh dari lintasan itu. Sementara sejumlah anak tampak bersiap berkendara dengan bimbingan anggota kepolisian.

Pendidikan safety riding anak-anak di Polres Kudus
Latihan safety riding anak-anak di Polres Kudus. Foto: Imam Arwindra

Dalam kegiatan Safety Bike Riding dan lomba mewarnai itu, satu di antara banyak peserta, yakni Arkana Fajar Ramadhan (6). Dia siswa di Taman Kanak-kanak (TK) Attazkiya, Dersalam. Arka mengungkapkan senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Selain itudia mengaku senang, dan ternyata polisi ramah. “Aku dulu takut (polisi), tapi sekarang tidak,” ungkap Arka usai mengendarai sepeda dalam Safety Bike Riding.

-Advertisement-

Dia menuturkan, sebelum mengikuti kegiatan di Mapolres tersebut, dirinya merasa takut karena polisi selalu membawa pistol. Sebelumnya dia menganggap polisi galak. Namun saat lomba menggambar dan Safety Bike Riding ternyata polisi baik dan murah senyum. “Aku takut karena galak dan suka bawa pistol,” ungkapnya yang disambut gelak tawa guru yang berada di dekatnya.

Sementara itu, Kepala TK Attazkiya Dersalam Lilis Rahayu Wardani (43) menuturkan, pihaknya sering mengajak anak didiknya untuk mengikuti kegiatan di Polres Kudus. Menurutnya dengan begitu anak berinteraksi dengan polisi, sehingga rasa takut terhadap polisi akan hilang. Selain itu, anak didiknya juga diberi pemahaman bahwa polisi yakni sahabat anak. “Mereka sudah tidak takut lagi,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, Dirinya datang bersama 34 siswa. Dia mengajak mereka ke kegiatan tersebut agar bisa belajar berdisiplin. Dengan begitu karakter anak didiknya akan terbentuk dan terbawa hingga dewasa. “Memang perlu membimbing anak sejak dini. Dikenalkan dengan polisi, supaya mereka terbiasa disiplin dan terbawa sampai dewasa,” tambahnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto menuturkan, dalam kegiatan Safety Bike Riding dan lomba mewarnai  diikuti 130 siswa dari lima TK di Kudus. Menurutnya, lomba yang diadakan dalam rangkaian Oprasi Simpati Candi 2017. Pemenang lomba akan mendapatkan piala, helm dan bingkisan yang berisi peralatan sekolah.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kudus AKBP Andy Rifa’i mengungkapkan kegiatan yang diselenggarakan untuk mengedukasi anak-anak supaya tertib berlalu lintas. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan juga berkaitan dengan Operasi Simpatik yang sedang dijalankan. Khusus untuk kegiatan Safety Bike Riding, pihaknya lebih menekankan pengenalan rambu-rambu lalu lintas.

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER