31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSMbah Mardi Pakai...

Mbah Mardi Pakai Handuk Basah di Kepala untuk Redam Terik dan Panas Aspal Saat Puasa

SEPUTARKUDUS.COM, NGEMBAL – Di tengah lalu-lalang kendaraan dan teriknya sinar matahari, beberapa orang mengenangan rompi Oranye mengikuti alat berat yang sedang menggilas aspal hotmix, di Jalan Jendral Sudirman, tak jauh dari lampu merah Ngembal. Di sudut lain tampak lelaki tua berkaus kuning merapikan ceceran aspal. Lelaki itu bernama Mardian (53), yang siang itu tetap berpuasa meski terik matahari dan panas aspal menghantam tubuh rentanya.

Mbah Mardi, begitu dia disapa kawan-kawan sesama pekerja, tampak cekatan memegang sekop dan meratakan aspal hotmix. Maklum, dia sudah bergelut dengan aspal goreng sekitar 12 tahun. Meski selama bekerja selalu ditemani terik matahari serta panas aspal, dia tidak pernah melewatkan satu hari pun untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan.

“Intinya itu niat dan yakin pada Allah, bahwa kita kuat berpuasa sehari penuh. Alhamdulillah selama ini aku tidak pernah membatalkan puasaku. Bila panas terasa menyengat aku biasa membasahi handuk kecil lalu aku taruh di kepalaku dan aku tutup dengan topi,” ungkap Mardi kepada Seputarkudus.com, Jumat (10/6/2016).

- Ads Banner -

Mbah Mardi mengaku mulai bekerja sekitar pukul 07.00 WIB dan selesai pukul 16.00 WIB. Dia mendapat upah Rp 60 ribu sehari. Tetapi kadang dia diupah dengan sistem borong Rp 2.700 per ton.

Warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus, itu bekerja mengaspal Jalan Jenderal Sudirman bersama 19 rekanya di bawah naungan PT Aditama Manunggal. Perusahaan tersebut merpakan kontraktor yang mengerjakan proyek pemeliharaan jalan jalur pantura tersebut.

Berdasarkan papan informasi, proyek itu merupakan agenda tahunan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Anggaran pemeliharaan berkala jalan itu senilai Rp 7,5 miliar. Pengerjaan proyek dimulai 22 Maret dan ditargetkan selesai tanggal 17 September nanti. Jenis pekerjaan Overlay dua lapis dengan panjang jalan 1,8 kilometer.

“Aku ikut kontraktor ini sudah lama, bahkan bekerja tidak hanya di Kudus tetapi juga pernah di Pati, Jepara, dan Lasem,” ujarnya.

 

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler