31 C
Kudus
Kamis, Desember 1, 2022
BerandaKUDUSPurwoko, Dalang Muda...

Purwoko, Dalang Muda di Kudus yang Dulu Seorang Vokalis Band Ternama

SEPUTARKUDUS.COM – Darah seni dari orangtuanya mengalir dalam tubuh Purwoko Riris. Ayahnya yang seorang dalang kondang di Kudus, membuatnya tak pernah meninggalkan dunia seni. Pernah menjadi vokalis band indie ternama di Kudus, Purwoko kini memilih untuk mengikuti jejak sang ayah, menjadi seorang dalang.

dalang muda kudus ki purwoko
Purwoko Riris, dalang muda di Kudus yang dulu vokalis band indie ternama. (Foto: FB)

Sekitar tiga tahun lalu, dirinya mulai belajar mendalang kepada sang ayah, Bambang Adiwijoyo. Dia mulai belajar tentang karakter wayang, cerita, suluk dan belajar memainkan wayang. Selain itu dirinya juga belajar tembang-tembang Jawa yang kerap mengiringi pementasan wayang kulit.

“Sejak tahun 2013 lalu saya mulai belajar mendalang kepada bapak. Pilihan menjadi dalang adalah panggilan jiwa,” ujar Purwoko kepada Seputarkudus.com, Rabu (30/3/2016).

Ayahnya merupakan dalang kondang yang telah lama dikenal masyarakat, khsusunya di Kudus. Selain ayahnya, leluhur Purwoko juga seorang dalang. Menjadi dalang merupakan garis hidup yang tak bisa dipisahkan dari para leluhurnya. “Buyut-buyut saya dulu juga seorang dalang. Ini (menjadi dalang) adalah panggilan jiwa dan nurani,” tutur pemuda yang lahir 1986 itu.

- Ads Banner -

Menurutnya, hal paling sulit dari mendalang yakni tentang tutur sastra Jawa yang harus dia bawakan saat tampil. Pada saat awal tampil sebagai dalang, dirinya pernah beberapa kali diledek karena salah. Namun, ledekan tersebut dianggap sebagai cambuk untuk terus belajar dan memperbaiki kemampuannya.

“Pernah diledek, suluknya salah lah, bahasanya salah lah, penyanyi band lah. Dan itu terjadi dihadapan banyak penonton. Saya anggap itu menjadi penyemangat agar selanjutnya bisa tampil lebih baik. Karena kalau mau belajar, hal itu akan bisa diatasi dengan mudah,” kata alumni SMK Wisuda Karya Kudus tersebut.  

Purwoko telah banyak tampil di berbagai tempat di Kudus dan Demak. Dia terus belajar untuk menjadi dalang kondang seperti ayahnya. Tiga tahun belajar, menurutnya masih kurang. Dia terus menimba ilmu dan pengalaman dari ayahnya.

Vokalis Band Indie Ternama 

 Dia menceritakan, sudah sekitar tiga tahun dirinya meninggalkan dunia musik yang sempat membesarkan namanya di komunitas band indie di Kudus, Veho Band. Itu dilakukannya demi untuk serius belajar menjadi dalang. Meski begitu, dia tidak akan pernah melupakan band yang telah memberi banyak pelangalaman pada dirinya.

veho band kudus
Purwoko Riris saat tampil dalam sebuah acara sebagai vokalis Veho Band. (Foto: FB)

Dia mulai ngeband sejak kelas 3 SMK sebagai vokalis. Pada 2005 dia dipercaya untuk menjadi vokalis di Veho Band. Saat di Veho, dirinya sering tampil di berbagai acara dan berbagai daerah. Pengalaman di Veho diakui banyak memberi pelajaran.

“Sekarang sudah tidak ngeband lagi. Paling hanya temu kangen dengan temen-temen (band) kalau ada waktu,” tuturnya.

Menurut Purwoko, apa yang telah dilakukan demi untuk nguri-nguri kebudayaan adiluhung yang telah diwariskan para leluhur. Dia juga ingin memberi contoh kepada generasi muda, khususnya di Kudus, untuk terus menjaga adat ketimuran. 

“Jiwa boleh rocker atau apapun lah, tetapi hati dan perilaku harus tetap teguh pada kebudayaan Jawa yang adiluhung,” katanya.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler