31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSTokoh JIL Datang,...

Tokoh JIL Datang, STAIN Kudus Banjir Dukungan

Ulil Abshar Abdalla. Wikipedia

SEPUTARKUDUS.COM – Kabar terkait kedatangan tokoh Jaringan Islam Liberal (JIL) Ulil Abshar Abdalla ke Kudus dinyatakan Wakil Ketua I Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, M Saekhan Muchith. Menantu KH Musthofa Bisri atau Gus Mus, itu akan hadir di kampus negeri di Kudus tersebut pada Selasa (1/9/2015). Ulil dijadwalkan datang untuk memberi kuliah umum kepada mahasiswa pada pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB, di GOR STAIN Kudus.

Hal itu dinyatakan Saekhan dalam status di akun Facebook miliknya, kemarin. Dalam postingan tersebut, dia juga mengunggah dua gambar saat melakukan siaran di Radio Erka FM  107.9 FM milik STAIN Kudus. Dalam program dialog itu, Ketua Ika PMII Kudus tersebut sekaligus memberikan klarifikasi kepada masyarakat terkait kedatangan Ulil. Menurutnya kedatangan Ulil akan memberikan manfaat untuk STAIN Kudus.

“Masih banyak kekhawatiran dengan datangnya Mas Ulil Abshar menantunya Gus Mus. Kami menjamin hadirnya Mas Ulil akan banyak memberikan manfaat untuk Agama Islam dan civitas akademika STAIN Kudus,” tulis Saekhan di akun Facebook miliknya.

- Ads Banner -

Radio Stain kudus
Wakil Ketua I STAIN Kudus M Saekhan Muchith (kanan) saat siaran di Radio Erka FM. FB

Postingan tersebut mendapat respon positif sekaligus dukungan terkait kedatangan Ulil. Banyak pengguna Facebook yang memberi komentar yang sebagian besar mengaku tak khawatir terhadap kedatangan Ulil. Akun bernama Muhammad Zarkoni misalnya, yang mengungungkapkan tidak perlu ada kekhawatiran dengan kedatangan Ulil. “Gus Mus saja tidak khawatir dengan Mas Ulil,” tulisnya dalam komentar.

Tanggapan senada juga diberikan akun bernama Aat Hidayat. “Sama Gus Ulil takut, sama setan nggak takut, malah diam-diam jadi pengikutnya. Manusia itu memang aneh ya, Pak. He he,” tulisnya.

STAIN Kudus memang sering mengundang tokoh-tokoh kaliber nasional untuk datang ke kampus tersebut. Belum lama ini, kampus itu juga menghadirkan Emha Ainun Najib atau Cak Nun bersama Kiai Kanjeng dan Noe Letto. Acara tersebut dihadiri ribuan mahasiswa dan tamu undangan.

Biografi Ulil Abshar Abdalla

Ulil Abshar Abdalla lahir di Pati, 11 Januari 1967. Dia merupakan putra Kiai Abdullah Rifa’i, pengasuh Pondok Pesantren Mansajul Ulum, Pati. Dirinya juga menantu Gus Mus, Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin, Rembang. Ulil dikenal sebagai tokoh Islam Liberal, dan menjadi Koordinator Jaringan Islam Liberal (JIL). (Wikipedia)
Ulil menempuh pendidikan menengahnya di Madrasah Matholi’ul Falah, Kajen, Pati, yang saat itu diasuh almarhum KH Sahal Mahfudz, Rois Am PBNU, yang kemudian digantikan Gus Mus sebelum diselenggarakannya Muktamar NU ke-33 karena meninggal dunia. Ulil juga tercatat pernah nyantri di Ponpes Mansajul Ulum, Pati, dan Ponpes Al-Anwar, Sarang, Rembang. 
Pendidikan tinggi Ulil diselesaikan di Fakultas Syariah LIPIA, Jakarta dan Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Driyakara. Dia menempuh program doktoral di di Universitas Boston, Massachussetts, Amerika Serikat. 
Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler