31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

BLT Cukai ‘Disunat’, Serikat Buruh Rokok Protes ke Sekda Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Federasi Serikat Pekerja (FSP) Rokok Tembakau Makanan Minuman (RTMM) melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus, Revlisianto Subekti, Senin (10/6/2024). Mereka meminta kejelasan soal adanya pengurangan anggaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk buruh rokok.

Ketua RTMM Kudus, Subaan Abdul Rohman, menyampaikan, pihaknya mendapatkan informasi dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalaian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kudus bahwa BLT cukai tahun ini hanya tiga kali.

“Nominal BLT itu Rp300 ribu per bulan. Berarti para buruh rokok hanya terima Rp900 ribu setahun. Oleh karena itu kami melakukan audiensi dengan Pak Sekda agar penyaluran BLT cukai rokok tetap empat kali di tahun ini,” ujar Subaan.

-Advertisement-

Baca juga: Disambati Modal Pedagang Pasar Babe yang Terbakar, Pj Bupati Kudus: ‘Tidak Janji’

Dari audiensi itu, akhirnya BLT akan tetap empat kali seperti tahun sebelumnya, yakni totalnya Rp1,2 juta.

“Hanya saja yang satu akan diajukan di APBD Perubahan 2024. Nantinya penyalurannya dua bulan di anggaran murni dan dua bulan sisanya di perubahan anggaran,” bebernya.

“Alasan Pemkab Kudus, BLT cukai yang dicover oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini jumlahnya hanya 33 ribu dari 48 ribu buruh rokok yang diajukan. Sebanyak 15 ribunya dikembalikan ke Pemkab Kudus,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, total keseluruhan buruh rokok yang mendapatkan BLT cukai ada 81 ribu orang. Yang dicover Pemkab Kudus ada 47.801 buruh dan Pemprov Jateng ada 33 ribu.

“Untuk penyalurannya rencana bulan ini (Juni) dua kali dulu. Sisanya yang dua nanti di Perubahan Anggaran 2024,” jelasnya.

Baca juga: Pemerintah Akan Terapkan Pembelian Pertalite Pakai QR Code, Ini Cara Daftarnya

Sementara BLT cukai yang dari Provinsi Jawa Tengah, tuturnya, sudah disalurkan pada Bulan April 2024. Pasalnya, penyaluran BLT cukai rokok dari Provinsi Jawa Tengah itu empat kali.

“Oleh karena itu kami minta agar BLT cukai dari Pemkab Kudus juga empat kali. Sebab jika tidak akan jadi kecemburuan antar buruh rokok,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER