31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Ribuan Warga Berjubel di Alun-Alun Pati Antre Ikan Gratis dari Nelayan Juwana

BETANEWS.ID, PATI – Ribuan warga berjubel memadati bagian Timur Alun-alun Pati pada kegiatan Car Free Day (CFD), Minggu (17/12/2023). Mereka tampak mengantre untuk menukarkan kupon dengan ikan gratis di belasan truk boks pendingin yang tersebar di berbagai titik.

Begitu pukul 7.00 WIB, ikan-ikan yang sudah dikemas dengan plastik ukuran sedang itu, kemudian dibagikan kepada warga yang sudah mengantre. Sebelum membagikan ikan, panitia mendistribusikan kupon melalui pihak desa maupun RT di wilayah Kecamatan Pati Kota.

Warga berdesak-desakan antre mendapatkan ikan gratis dari nelayan Juwana saat CFD di Alun-Alun Pati, Minggu (17/12/2023). Foto: Kholistiono

Ketua Paguyuban Mitra Nelayan Sejahtera (MNS) Juwana, Eko Budiyono, mengatakan, ikan yang dibagi-bagikan kepada warga itu mencapai 120 ton. Tahun ini, nelayan Juwana hasil tangkapan begitu melimpah, tapi harga ikan terlalu murah.

-Advertisement-

Baca juga: Pegunungan Kendeng Utara Kritis, Tanaman Keras Berganti Tanaman Musiman

“Saat ini harga ikan terlalu rendah. Maka, temen-temen nelayan memiliki inisiatif untuk membagikan ikan tersebut kepada warga Pati,” ujarnya.

Ia menyebut, pembagian ikan tersebut merupakan bentuk sedekah dari para nelayan. Di samping itu juga mengajak kepada warga agar gemar makan ikan.

Menurutnya, awalnya jumlah ikan yang akan dibagikan kepada warga sebanyak 100 ton. Namun kemudian, ada tambahan dari para bakul.

“Ada ikan yang tidak terserap oleh pasar. Kemudian ikan itu kita bagikan kepada warga supaya pemerintah tidak impor,” ungkapnya.

Humas MSN Juwana, Mukit, menambahkan, kegiatan bagi-bagi ikan tersebut juga sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam pengentasan stunting.

Baca juga: Harga Tomat di Pasar Pati Beranjak Naik

“Selain itu, ini sebagai bentuk rasa syukur kita atas tangkapan ikan yang melimpah. Semoga rezeki kita tambah lancar,” ucapnya.

salah satu warga, Atik, mengaku senang bisa mendapatkan ikan gratis. Nantinya, ikan yang didapatkan itu akan dibagikan ke warga lainnya juga.

“Nanti juga akan dibagi ke warga lainnya. Satu plastik ini jatahnya untuk 10 orang,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER