31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSPesan Hartopo ke...

Pesan Hartopo ke Masyarakat: ‘Jangan Sampai Memilih Pemimpin Berdasarkan Isi Amplopnya’

BETANEWS.ID, KUDUS – Bupati Kudus HM Hartopo meminta Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk segera terjun mengedukasi masyarakat usai dilantik di Hotel Kenari Asri, Sabtu (29/10/2022). Hal itu untuk meminimalisir adanya pelanggaran di masyarakat saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Jika tak ada pelanggaran di masyarakat, Panwaslu menjadi ringan kerjanya, tinggal monitoring saja. Harapannya jangan sampai ada yang di diskualifikasi akibat pelanggaran, atau jangan sampai ada sanksi yang diberikan bahkan ada yang ditangkap akibat pelanggaran,” harapnya.

Hartopo menghadiri pelantikan Panwascam di Hotel Kenari Asri, Sabtu (29/10/2022). Foto: Ist

Terkait money politic atau politik uang, Hartopo menekankan pada seluruh petugas Panwascam untuk selalu berupaya memberikan edukasi pada masyarakat bahwa memilih pemimpin harus berdasarkan figur yang jelas, dan track record atau rekam jejak yang ada sebagai bahan pertimbangan.

- Ads Banner -

Baca juga: Bawaslu Kudus Segera Lantik 27 Anggota Panwascam Terpilih, Keterwakilan Perempuan Hanya 25 Persen

“Jangan sampai memilih pemimpin berdasarkan isi amplopnya saja. Kita tekankan untuk mengedukasi masyarakat untuk mengubah mindsetnya terkait money politic yang telah menjadi budaya masyarakat kita,” pungkasnya.

Ketua Bawaslu Kudus Wahibul Minan mengatakan, pelantikan hari ini secara ketentuan terdapat 27 orang, tapi yang dilantik baru 26 orang karena 1 orang dari Panwascam Kecamatan Jati terkendala surat bebas narkoba.

“Yang bersangkutan sebelum melaksanakan tes kesehatan 1 jam sebelumnya meminum obat batuk pilek. Ini yang menjadikan hasil tes sedikit terkendala,” jelasnya.

Namun dengan cepat Bawaslu Kabupaten mengkonsultasikan ke Bawaslu Provinsi terkait perihal tersebut. Rekomendasi pun diberikan Bawaslu Provinsi untuk menunggu hasil tes ulang yang hasilnya akan dikeluarkan pada Senin mendatang.

“Sudah kita konsultasikan, untuk hasilnya ditunggu hari Senin, jika hari Senin hasilnya masih positif maka yang bersangkutan diminta untuk mengundurkan diri dan akan dicarikan penggantinya,” terangnya.

Baca juga: Jumlah Panwascam Perempuan di Jateng untuk Pemilu 2024 Meningkat, Capai 27 Persen

Terkait pekerjaan yang diberikan kepada masing-masing Panwascam, Wahibul Minan akan segera memberikan tugas usai dilakukan koordinasi.

“Usai tahapan pelantikan ini, teman-teman Panwascam mulai besok sudah kita beri tugas. Kita akan koordinasikan dulu nanti tentang apa yang harus dikerjakan, karena masih ada tahapan verifikasi faktual partai politik, maka kemungkinan tugas pertama yang dilaksanakan adalah melakukan pengawasan dan pendampingan secara melekat pada teman-teman KPU,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler