31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Dianggap Sudah Cukup, Pemkab Pati Setop Pendirian Toko Modern

BETANEWS.ID, PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati memutuskan untuk menghentikan penambahan toko retail atau modern di wilayahnya. Dinas Pedagang dan Industri (Disdagperin) Pati mencatat, sampai pertengahan tahun 2022 ini, sudah ada 150 toko modern yang tersebar di Kabupaten Pati. Jumlah ini pun dikatakan sudah cukup.

“Jumlah toko retail sampai tahun ini sebanyak 150-an, jumlah itu belum termasuk toko jejaring,” ungkap Kepala Disdagperin Pati Hadi Santosa, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Pandemi Covid-19, Toko Modern di Kudus Buka Lebih Pagi

-Advertisement-

Dibandingkan tahun sebelumnya, Hadi mengungkapkan, jumlah toko modern di Pati ada 139 toko dengan kategori toko jejaring. Setelah melakukan pendataan secara menyeluruh, baik itu toko modern hingga swalayan, ada 150 toko yang telah berdiri.

“Kami melakukan analisa banyaknya toko retail dengan jumlah masyarakat. Hasilnya, toko modern sudah mencukupi,” terangnya.

Selanjutnya, pihaknya akan segera membuat kebijakan untuk tidak menambah toko modern.

“Mulai tahun ini tak menambah toko modern lagi. Soalnya sudah banyak. Nantinya akan kita buat kebijakan untuk menindaklanjutinya,” ucapnya.

Dalam pendirian toko modern, Pemkab Pati sendiri memiliki aturan agar tidak berdampak pada toko-toko kecil atau tradisional. Kebijakan tersebut, tertulis dalam Peraturan Bupati Pati Nomor 20 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 2 tahun 2011 tentang Penataan Pasat Rakyat dan Toko Swalayan.

Baca juga : Alfamart Serahkan Bantuan Ambulans dari Donasi Konsumen ke Pemkab Kudus

Dalam pasal 8 huruf b angka 5 ditetapkan jarak minimarket berjaringan dengan pasar rakyat paling dekat 500 meter. Kemudian, jarak minimarket berjaringan yang berlokasi di jalan arteri dengan toko sejenis yang lebih kecil yang telah ada sebelumnya paling dekat 50 meter. Sedangkan yang berlokasi di jalan kolektor, jalan lokal, dan jalan lingkungan dengan toko kecil yang ada sebelumnya, paling dekat jaraknya 100 meter.

“Sudah ada aturan-aturannya supaya toko atau pasar tradisional tak terdampak adanya toko modern,” tandasnya.

Editor : Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER