31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Museum Kretek Keliling Ingin Tularkan Etos Kerja Nitisemito Pada Generasi Muda

BETANEWS.ID, KUDUS – Kegiatan Museum Kretek Keliling yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus kembali menyambangi sekolah. Hari Ini, acara yang menggandeng Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMA dan SMK itu mendatangi SMAN 2 Bae.

Narasumber acara yang sekaligus Guru Sejarah SMA 1 Gebog, Indri Siswanti menjelaskan, dari kegiatan ini anak-anak dapat belajar tentang sejarah lokal, salah satunya sejarah kretek di Kudus. Sebenarnya, Kudus memiliki sejarah lokal yang banyak sekali. Namun karena masyarakat belum sadar dan peduli akan sejarah, jadi banyak yang belum tahu. 

Siswa SMAN 2 Bae mengikuti kegiatan Museum Kretek Keliling. Foto: Nila Rustiyani.

“Kegiatan ini pastinya untuk mengedukasi para siswa, karena kenyataanya, anak anak SMA kita lihat saja fenomenanya saat ini, mereka tidak kenal siapa itu Nitisemito. Padahal seorang tokoh terkenal. Anak-anak kita harus paham, harus tahu, harus cinta juga dengan sejarah lokal,” ucapnya, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Museum Kretek Keliling ke Sekolah-sekolah di Kudus

Dari sekian banyak sejarah yang ada di Kudus, salah satunya yang ingin Indri sampaikan adalah sejarah Nitisemito. Mulai dari merintis usaha rokok kretek dari nol sampai besar, yang bisa mencapai pasar nasional hingga internasional. 

“Yang kami ingin ditekankan untuk anak-anak di sini adalah mempelajari etos kerja Nitisemito dalam memperbesar usahanya. Bagaimana kiat beliau hingga usahanya menjadi berkembang. Salah satunya beliau terbuka dengan kritik saran, sehingga menjadi produk yang berkualitas. Kemudian juga beliau menggunakan berbagai cara untuk melakukan promosi untuk memperkenalkan produk,” jelas Indri.

Selain menggandeng Museum Kretek, pihak MGMP juga akan mengajak guru seni dan budaya untuk keliling sekolah. Karena menurutnya, anak-anak juga perlu mempelajari lebih rinci tentang seni dan budaya rokok yang dibuat pada zaman dahulu.

Baca juga: MGMP Sejarah Bakal Libatkan Museum untuk Penelitian Siswa di Kudus

“Kami sudah ada rencana untuk mengandeng guru seni budaya untuk kegiatan sosialisasi selanjutnya. Kemarin juga ada guru seni budaya yang membantu dengan mengunggah vidio tiga museum ke channel Youtube pribadinya,” ujarnya.

Indri berharap, dengan adanya kegiatan seprti ini, jiwa nasionalisme anak utamanya generasi muda Kudus, mereka semakin mencintai sejarah. Jadi jangan sampai tidak tahu sejarah, sampai ada yang tidak kenal Nitisemito.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER