31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

KSBSI Kudus Minta Perusahaan Tetap Bayar Penuh THR Sesuai Ketentuan

BETANEWS.ID, KUDUS – Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Kudus minta agar pembayaran tunjangan hari raya (THR) bagi buruh di perusahaan wajib dibayarkan sesuai ketentuan. Ketentuan itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2021.

Koordinator KSBSI Kudus, Slamet Machmudi mengatakan, untuk mengantisipasi adanya pelanggaran dalam pemberian THR, Slamet juga meminta agar sosialisasi aturan dan mekanisme pemberian THR harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Ini dilakukan agar tidak ada pengusaha yang memberikan THR di bawah nominal yang sudah ditentukan.

“Kami meminta kepada Pemkab Kudus bisa menjamin pelaksanaan pemberian THR sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai ada oknum pengusaha yang memberikan THR dengan nominal di bawah ketentuan,” kata Slamet, Rabu (14/4/2021).

-Advertisement-

Baca juga: Bupati Kudus Ingatkan Agar Tidak Ada ‘Duri-duri’ di Pendapa atau Dinas

Pihaknya juga berharap, Pemkab Kudus tidak dengan mudah menerima alasan dari pihak perusahaan yang enggan memberikan THR buruh secara penuh. Mengingat, pandemi virus Covid-19 yang masih ada hingga sekarang, selalu dijadikan alasan sebagai faktor penurunan ekonomi.

“Butuh ketegasan dari Pemkab Kudus untuk tidak dengan mudah menerima alasan dari pihak perusahaan yang enggan memberikan THR buruh secara penuh. Perusahaan harus menyertakan laporan keuangan, serta menerapkan sanksi tegas bagi pengusaha yang melanggar aturan pemberian THR,” jelasnya.

Baca juga: Soal Reformasi Birokrasi, Bupati Kudus Ajak Seluruh Pejabat Ubah Mindset

Apalagi, lanjut Slamet, saat masuk Bulan Puasa dan mendekati Lebaran, semua harga pokok mengalami kenaikan.

“Untuk menjamin pelaksanaan pemberian THR, dibutuhkan keberpihakan Pemkab Kudus terhadap para buruh,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER