31 C
Kudus
Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda Kudus Ratusan Peziarah Datangi...

Ratusan Peziarah Datangi Makam Habib Ja’far Setiap Hari, Harni Kewalahan Sediakan Kursi

BETANEWS.ID, KUDUS – Dua orang perempuan dan seorang lelaki yang semua paruh baya terlihat duduk tidak jauh dari makam Habib Ja’far Al Kaff di TPU Muslim Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Mereka tampak memperhatikan para peziarah. Setiap datang peziarah, mereka dengan cekatan menghampiri untuk menawarkan jasa sewa kursi plastik untuk duduk. Satu di antara mereka yakni Harni, penyedia kursi plastik.

Dia menuturkan, sejak disemayamkan pada Sabtu (2/1/2020), makam Habib Ja’far Al Kaff tidak pernah sepi peziarah. Bahkan, peziarah yang datang itu full 24 jam, bergantian terus menerus tak pernah putus. Karena banyak peziarah yang datang, serta mereka tidak ada yang membawa alas untuk duduk, hal itu dimanfaatkan olehnya dan dua rekannya untuk menyediakan jasa sewa kursi plastik kecil. Itu bertujuan agar para peziarah duduk nyaman dalam berdoa.

Beberapa peziarah saat memanjatkan doa di Makam Habib Ja’far Al Kaff. Foto: Rabu Sipan.

“Setiap hari peziarah yang datang banyak. Bisa ratusan orang, makanya kami sediakan tempat duduk kursi plastik kecil. Biar mereka nyaman duduk dan berdoa di pinggir makam Habib Ja’far Al Kaff,” ujar Harni kepada Betanews.id, Sabtu (9/1/2020).

Baca juga: Ramai Didatangi Peziarah, Makam Habib Ja’far Al Kaff Segera Dibangun

Perempuan yang tinggal tidak jauh dari makam tersebut mengaku tidak mematok harga pasti untuk sewa kursi plastik miliknya. Dia menerima uang sewa seikhlasnya dari para peziarah di makam Habib Ja’far Al Kaff. Setiap peziarah memberi berapa pun akan diterima dengan ucapan syukur dan terima kasih.

“Kami memang tidak mematok harga untuk sewa kursi plastik ke para peziarah. Seikhlasnya saja, para peziarah ngasih Rp 2 ribu kami terima, lebih malah terima kasih. Bahkan ada yang minta kembalian juga kami turuti,” beber perempuan yang kesehariannya bekerja jadi pembersih makam tersebut.

Dia mengatakan, peziarah yang datang ke makam Habib Ja’far Al Kaff tidak hanya orang Kudus saja, bahkan banyak juga yang datang dari luar kota. Di antaranya, wilayah Karesidenan Pati, Demak, Rembang, Surabaya, Semarang, Solo, Pekalongan, Tegal, Cirebon, Bandung, Bogor, Jakarta, dan daerah lainnya. Menurutnya, bila peziarah yang datang tidak bersamaan, kursi plastik yang disediakan bisa mencukupi. Namun jika bersamaan atau rombongan terkadang sering kekurangan.

“Kursi yang kami sediakan bertiga jumlahnya sekitar 40 buah. Kalau peziarah yang datang rombongan terkadang sampai kekurangan,” ungkapnya.

Baca juga: Hidayat Rela Tutup Usahanya Sehari, Agar Bisa Ziarah ke Makam Habib Ja’far Al Kaff

Satu di antara peziarah, Hidayat menuturkan, sengaja datang dari Pati ke Kudus untuk ziarah ke makam Habib Ja’far Al Kaff. Menurutnya, Habib Ja’far adalah seorang ulama. Jadi dia berharap dengan ziarah ke makam beliau bisa mendapatkan berkah dan karomahnya. Dia pun bersyukur dengan adanya persewaan kursi plastik seikhlasnya itu, karena proses ziarah Hidayat bersama anak dan istrinya bisa nyaman dan khusyuk.

“Untung ada sewa kursi plastik, sehingga ziarahnya bisa nyaman dan khusyuk. Apalagi tarifnya seikhlasnya jadi sangat membantu,” tutupnya dan bergegas meninggalkan makam.

Editor: Ahmad Muhlisin

Tinggalkan Balasan

27,870FansSuka
14,114PengikutMengikuti
4,311PengikutMengikuti
27,373PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler