31 C
Kudus
Senin, Juli 22, 2024

Dari Curanmor hingga Perampokan, Polres Kudus Ungkap Tujuh Kasus Dalam Operasi Sikat Candi

BETANEWS.ID, KUDUS – Dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2020 yang dilakukan tanggal 6-25 Juli 2020, Polres Kudus berhasil mengungkap tujuh kasus, yakni pencurian dan perampokan.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma menuturkan, dari kasus yang berhasil diungkap itu, ada 14 tersangka yang ditetapkan. Di antaranya yakni tersangka kasus perampokan yang terjadi di rumah pengusaha Lim Cahyo Wibowo, di Jalan Jendral Ahmad Yani Nomor 82A, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Beberapa pelaku kejahatan yang berhasil ditangkap Polres Kudus selama Operasi Sikat Candi 2020. Foto: Imam Arwindra

“Itu termasuk Curas (pencurian dengan kekerasan) yang terjadi di Jalan Ahmad Yani beberapa waktu lalu,” tuturnya saat melakukan press release di Mapolres Kudus, Senin (3/8/2020).

-Advertisement-

Baca juga : Polres Kudus Dalami Temuan Sidik Jari Perampok, Diduga Kabur ke Semarang

Aditya menjelaskan, dari kasus perampokan yang terjadi pada hari Kamis (9/7/2020) malam, pukul 21.00 WIB hingga dini hari itu, pihaknya sudah menangkap tujuh orang dari delapan orang tersangka. Menurutnya satu orang tersangka atas nama Heri masih buron dan sudah menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Mereka semua ditangkap di Jawa Barat. Kita dapat dukungan dari Polda (Jawa Tengah),” jelasnya.

Dalam melakukan aksinya, para pelaku ternyata sudah mengintai selama lima hari sebelum melaksanakan perampokan. Menurutnya, kawanan perampok tersebut sudah merencanakan matang, termasuk dalam pembagian peran.

“Jadi, BB nya ada uang tunai sekitar Rp 1,6 miliar, uang asing, sertifikat, mobil boks Grand Max yang digunakan tersangka dan Toyota Inova,” jelasnya.

Lebih detail Aditya menuturkan, untuk uang asing yakni dari berbagai negara. Di antaranya, Dolar Amerika $ 24.383, Dolar Singapura $ 41.594, Yuan China ¥ 106.893 dan Won Korea 7,1 Won. Menurutnya, terdapat uang dari berbagai negara sejumlah 2.684 lembar. “Total kerugian sekitar Rp 2 miliar lebih,” tuturnya.

Baca juga : Peringati Hari Bhayangkara Ke 74, Polres Kudus Bagikan Ratusan Nasi

Selain kasus perampokan di Jalan Jendral Ahmad Yani, terdapat enam kasus lain yang terungkap. Yakni empat target operasi (TO) kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Selanjutnya, juga terdapat tiga kasus di luar target operasi. Termasuk perampokan tersebut. “Dari tujuh kasus, kami sudah menangkap 14 tersangka,” terangnya.

Menurut Aditya, selain barang bukti dari kasus perampokan, pihaknya juga mengamankan sejumlah sepeda motor dari tujuh kasus tersebut. “Kami menghimbau agar masyarakat selalu waspada dan hati-hati,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER