31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSSatu Pedagang Pasar...

Satu Pedagang Pasar Kliwon Positif Covid-19 Meninggal Dunia

BETANEWS.ID, KUDUS – Satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kudus meninggal. Pasien tersebut merupakan pedagang konveksi di Pasar Kliwon.

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus dr Andini Aridewi menjelaskan, pasien yang meninggal pada 2 Juni 2020 itu, berasal dari Kecamatan Welahan, Jepara. Pasien memiliki penyakit penyerta dan mulai dirawat di Rumah Sakit Mardi Rahayu sejak 21 Mei 2020.

Dia menuturkan, sebelum dirawat di rumah sakit, pasien melakukan aktivitas berdagang di Pasar Kliwon pada pertengahan Ramadan.

- Ads Banner -

Menurut Andini, semua orang yang kontak erat dengan pasien di Kudus sudah dilakukan tes swab. Pihaknya sampai sekarang masih menunggu hasil. “Tujuh orang yang kontak erat dengan pasien di Jepara juga masih menunggu hasil,” jelasnya.

Selain melakukan tracking kontak dengan orang yang kontak erat dengan pasien, pihaknya juga melakukan tes rapid di beberapa pasar tradisional di Kudus.

“Pasar yang sudah dilakukan rapid, yakni Pasar Kliwon, Pasar Bitingan, Pasar Piji dan Pasar Bareng,” tuturnya.

Hingga 4 Juni 2020, kasus Covid-19 di Kudus berjumlah 65 kasus. Yakni, 11 orang dirawat, empat orang melakukan isolasi mandiri, enam orang meninggal dan 44 orang sembuh.

Pasar Kliwon Ditutup

Sementara itu, melalui Surat Edaran Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Nomor 1510.1.6/391/17.03.2020, Pasar Kliwon akan ditutup pada tanggal 5-6 Juni 2020 mendatang.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Albertus Haris Yunanto, alasan ditutupnya dua hari Pasar Kliwon, karena masih ditemukan pembeli dan penjual yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

“Hasil evaluasi, pembeli dan penjual masih ditemukan tidak mengenakan masker. Selain itu, barang dagangan yang dipajang meluber keluar dari kios dan los. Tentu physical distancing dan social distancing tidak dilakukan,” jelasnya.

Haris menuturkan, setelah masa penutupan dua hari selesai, pihaknya akan melakukan evaluasi kembali dan menata Pasar Kliwon.

“Ini bisa menjadi pembelajaran bersama untuk melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Terutama mengenakan masker,” tutupnya.

Editor : Kholistiono

Imam Arwindra
Imam Arwindrahttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sejak awal ikut terlibat dalam pembentukan Seputarkudus.com, cikal bakal Betanews.id.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler