31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Saat Musim Hujan Kucing Rentan Terkena Penyakit, Ini Tips Funny Grooming untuk Mengantisipasinya

SEPUTARKUDUS.COM, DERSALAM – Sebuah baner terpampang di depan bangunan ruko tertulis Funny Grooming, di tepi Jalan UMK Gang XI, Desa Dersalam, Bae, Kudus. Seorang perempuan berambut panjang tampak sedang memegang kucing berwarna hitam di depan ruko tersebut. Dia tengah melakukan perawatan terhadap kucing milik pelanggannya.

jasa perawatan kucing di kudus
Fany sedang merawat kucing milik pelanggannya. Foto: Ahmad Rosyidi

Fany Angreani Puspitasari (20), nama perempuan tersebut, yang sekaligus pemilik Funny Grooming. Bangunan itu digunakan sebagai tempat penyedia jasa perawatan, penitipan, dan adopsi kucing. 

Kepada Seputarkudus.com, Fany dia akrab disapa, sudi berbagi tips merawat kucing saat musim hujan, yang lebih rentan terkena penyakit. Dia menganjurkan kepada pemilik kucing untuk lebih sering memberi vitamin E, minyak ikan dan kuning telur rebus setengah matang. Itu bisa diberikan selama sepekan tiga kali, dantetap menjaga kebersihan kandang.

-Advertisement-

“Saat musim hujan lebih baik kucing dimandikan dengan air hangat. Vitamin dan kebersihan kadang juga harus lebih diperhatikan, karena saat musim hujan kucing lebih rentan terkena penyakit,” ungkap gadis kelahiran Semarang itu.

Fany mengaku baru sekitar 1,5 bulan membuka pemandian kucing, penitipan kucing, dan menjual makanan kucing. Tapi yang lebih dikenal adalah pemandian kucingnya yang biasa dikenal grooming. Dia membuka Funny Grooming bersama dua sodaranya yang orang asli Dawe Kudus, karena memandikan kucing tidak bisa dilakukan sendiri.

Vio yang saat itu sedang konsultasi perawatan kucing miliknya, yang terkena jamur. Dia mengaku membeli kucing di Funny Grooming, dan hampir setiap pekan memandikan kucingnya di tempat tersebut. “Saya beli kucing di sini. Saat ini kucing saya sedang sakit, jadi saya tanya kesini pengobatan dan perawatannya. Biasanya saya juga memandikan kucing di sini,” uangkapnya.

Tak lama kemudian, turun seorang wanita dari tangga, dia adalah Niken Zarifatus (23), yang juga pemilik Funny Grooming rekan Fany. Niken sapaan akrabnya, menjelaskan, kucing Persia yang ada di sana kebanyakan titipan. Ada yang titip untuk dijual, ada juga yang menitipkan kucingnya karena sedang pergi keluar kota. 

Dari 15 kucing yang ada, tujuh kucing akan dijual, dan ada empat yang dititipkan karena ditinggal pergi pemilknya. Sedangkan empat lainnya milik Fanny Grooming untuk diternak.

Niken merinci, harga kucing Persia yang usianya tiga bulan dijual seharga Rp 600 ribu. Sedangkan kucing Persia bulu panjang dengan usia yang sama ditawarkan lebih mahal, yakni Rp 700 ribu hingga Rp 900 ribu. Sedangkan kucing Persia berhidung pesek bisa lebih mahal lagi, bisa sampai Rp 2 juta untuk anakan. 

“Kami hanya menerima titipan untuk dijualkan, yang kami sebut adopt. Kalau kucing saya sendiri tidak saya jual,” jelasnya.

Selain kucing, katanya, di Funny Grooming dia juga menjual makanan, minuman, dan vitamin untuk kucing. Harga yang ditawarkan antara Rp 26 ribu hingga Rp 65 ribu. Sedangkan vitamin rambut kucing juga beragam harganya, mulai Rp 15 ribu hingga Rp 25 ribu. 

“Kami juga menjual susu kucing, harganya Rp 15 ribu. Untuk harga penitipan kucing, jika pemilik kucing sudah membawa makanan dan kandang sendiri per harinya Rp 10 ribu. Jika membawa makanan saja per harinya Rp 25 ribu,” tuturnya.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER