31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSMasjid yang Dibangun...

Masjid yang Dibangun Sunan Kudus Ini Tak Digunakan untuk Jumatan

SEPUTARKUDUS.COM, LANGGAR DALEM – Bangunan masjid di Desa Langgar Dalem, Kecamatan Kota, Kudus, ini tampak seperti kebanyakan masjid di Kudus. Bagian depan terdapat serambi beralas keramik. Bagian dalam terdapat karpet memanjang dan di bagian depan terdapat mimbar khotbah dan pengimaman. Namun, siapa sangka, Masjid Jami Kaujon ini dulu dibangun Sunan Kudus, di masa yang sama ketika membangun Masjid Menara Kudus.

masjid kaujon kudus

Iqomat salat Ashar terdengar keras dari speaker Masjid Jami Kaujon. Sejumlah jamaah bergegas menuju ruang utama untuk menunaikan salat Ashar. Seusai salat, Mustamir (60), Takmir Masjid Kaujon berbagi cerita kepada Seputarkudus.com tentang masjid itu.

Mustamir menceritakan, Masjid Kaujon dibangun oleh Sunan Kudus bersamaan dengan berdirinya Masjid Menara. Namun secara bangunan, bentuk dari Masjid Kaujon masih kecil seperti musala. Menurutnya, Sunan Kudus sudah menamainya dengan nama masjid bukan musala, dengan alasan agar bisa digunakan untuk salat Tahiyatul Masjid.

masjid kaujon kudus
- Ads Banner -

“Bersamaan dengan berdirinya Masjid Kaujon, Sunan Kudus mendirikan beberapa tempat beribadah dan mengaji berukuran kecil di sejumlah tempat yang ada di Kudus. Namanya sudah masjid. Karena Sunan Kudus ingin setiap jamaah yang salat Tahiyatul Masjid,” terangnya.

Dia menceritakan, dulu Masjid Kaujon kecil tak sebesar sekarang. Aktivitas masjid hanya untuk salat lima waktu dan pengajian saja. “Masjid Kaujon belum digunakan untuk ibadah salat Jumat. Bentuknya seperti  musala namun namanya masjid. Kalau salat Jumat semuanya ke Masjid Menara Kudus,” ungkapnya kepada Seputarkudus.com, Rabu (15/6/2016).

Tahun 2005 Mulai Digunakan untuk Jumatan

Menurut cerita, katanya, Masjid Kaujon direnovasi sekitar tahun 1985. Saat itu fungsinya masih tetap hanya digunakan untuk salat lima waktu dan mengaji kitab kuning saja. Lalu, sekitar 2005 masjid itu mulai digunakan untuk salat Jumat. “Sekarang Masjid Kaujon sudah luas. Jamaah ketika salat Jumat penuh,” tuturnya.

Mustamir memberitahukan, bangunan yang masih asli dari Masjid Kaujon yakni empat saka masjid dan pengimaman. Dari namanya, Masjid Kaujon diambil dari nama dukuh letak masjid berdiri. “Masjidnya terletak di Dukuh Kaujon, masuk Desa Langgar Dalem,” terangnya.

Jamaah Masjid Kaujon, kata Mustamir, dulu dipimpin KH Turaichan Adjhuri. Setelah itu dilanjutkan oleh KH Ma’ruf Irsyad yang juga mempunyai Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin, yang letak tidak jauh dari masjid tersebut. “Masjid Kaujon sering digunakan tempat mengaji santri-santri Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin,” tambahnya.

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler