31 C
Kudus
Minggu, November 27, 2022
BerandaKUDUSBidadari Sendang Kaliwungu...

Bidadari Sendang Kaliwungu Tebar Senyuman Menjelang Ramadan

kirab Dandangan kudus
Peserta Kirab Visualisasi Dandangan dari Desa Kaliwungu tampil di depan penonton, di Alun-alun Simpang Tujuh. Foto Imam Arwindra

SEPUTARKUDUS.COM, ALUN-ALUN – Dua gadis ayu menebar senyum ke orang-orang yang hadir dalam Kirab Visualisasi Dandangan di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus Minggu (5/6/2016) sore. Keduanya mengenakan baju dominan warna ungu, dan duduk di atas replika gua. Dua gadis tersebut digambarkan sebagai bidadari Sendang Kaliwungu.

Menurut Solhadi, peserta kirab asal Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, dua gadis yang berperan sebagai bidadari itu bernama Lisa dan Nailis. Menurutnya, Desa Kaliwungu ingin menampilkan potensi wisata yang ada di Kaliwungu, yakni Sendang Kaliwungu. Menurutnya, Sendang Kaliwungu termasuk wisata di Kabupaten Kudus yang perlu dikunjungi.

“Selain tempatnya indah juga banyak sejarah yang bisa digalih di Sendang Kaliwungu,” tambahnya.

- Ads Banner -

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Yuli Kasiyanto menuturkan, kegiatan Visualisasi Dandangan ini digelar sebagai penanda masuknya Bulan Ramadan 1437 H. Dia memberitahukan, peserta yang mengikuti kirab yakni lembaga pendidikan di Kudus, seniman dan budayawan. “Yang ketiga pelaku budaya dari Desa wisata se-Kabupaten Kudus,”tambahnya.

Dalam sambutannya, Bupati Kudus Mustofa menuturkan, kegiatan Visualisasi Dandangan ini tidak hanya dimaknai sekedar seremonial, melainkan menjadi bahan renungan dan instropeksi diri.

“Adat Dandangan jangan dimaknai sekadar seremonial saja dengan menabuh beduk pertanda puasa akan dilaksanakan. Melainkan menjadi bahan renungan dan instropeksi diri. Terpenting ialah tawaduk kepada sesepuh, terkhusus mengabdi kepada bangsa dan negeri,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Kudus memiliki potensi budaya dan wisatanya luar biasa. Dia mengajak masyarakat luar Kudus untuk datang.  “Jangan hanya mendengar, datanglah ke Kudus, lihatlah ke Kudus, rasakanlah Kudus. Setelah itu, ceritakanlah kepada sanak saudara bahwa Kudus menjadi inspirasi untuk kita semua,” ungkapnya.

 

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,335PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler