31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Orang Undaan Pasti Tahu Patung-Patung Ini

SEPUTARKUDUS.COM – Kecamatan Undaan tidak hanya dikenal karena bangunan gapuranya yang megah, gang-gang yang tertata rapi dan bersih, dan jalan-jalan perkapungan yang mulus. Wilayah paling selatan di Kabupaten Kudus ini juga dikenal karena memiliki patung-patung yang dibangun di sisi barat jalan, atau di tanggul Sungai Wulan.

patung di kecamatan undaan kudus
Patung Werkudoro di depan Balai Desa Undaan Lor. (Foto: Seputarkudus.com)

Misalnya gambar patung di atas, yang terletak di depan Balai Desa Undaan Lor. Patung yang hingga hari ini (3/4/2016) masih ditutup kain merah itu, melengkapi sejumlah patung yang selama ini menjadi ciri khas Undaan. Patung yang diberada di Taman Werkudoro tersebut, membuat tanggul penahan air Sungai Wulan semakin indah.

Selain patung itu, ada pula patung sosok pewayangan lainnya. Berada di perbatasan Desa Undaan Tengah dan Undaan Lor, patung Arjuna tersebut menyambut para pengendara yang memasuki Desa Undaan Lor. Tokoh Pandawa yang digambarkan bertubuh kekar itu, tampak akan melepaskan panah dari busurnya.

patung arjuna undaan tengah
Patung Arjuna di perbatasan Desa Undaan Tengah dan Undaan Lor. (Foto: SeputarKudus,com)

Patung lain yang berada Kecamatan Undaan, yakni sosok pahlawan Pangeran Diponegoro. Patung tersebut berada di Desa Undaan Tengah, di sisi barat jalan, tapatnya di tanggul Sungai Wulan. Patung tersebut lebih lama ada ketimbang dua patung tokoh pewayangan yang tadi. Sosok Pangeran Diponegoro digambarkan mengangkat keris dan menaiki kudanya.

patung diponegoro undaan tengah kudus
Patung Diponegoro di Desa Undaan Tengah, Kudus. (Foto: SeputarKudus.com)

Patung yang terakhir ini, patung yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Undaan, terutama mereka yang sering melewati Jalan Kudus-Purwodadi. Patung tersebut berada di Desa Undaan Lor. Patung yang terakhir ini bukan tokoh pewayangan, atau sosok pahlawan nasional, melainkan patung hewan unta.

patung unta undaan lor kudus
Patung unta di Desa Undaan Lor Gang 10, Kecamatan Undaan, Kudus. (Foto: SeputarKudus.com)

Patung itu sering menjadi penanda penumpang yang akan turun dari bus mini jurusan Babalan-Kudus. Patung tersebut dibangun tepat di depan gapura masuk Desa Undaan Lor Gang 10. Selain penanda para penumpang bus, patung unta itu juga menjadi penanda kampung.

Jika punya waktu, berkunjunglah ke Undaan. Anda akan bisa melihat keindahan tanggul Sungai Wulan yang dihiasi patung-patung tersebut. Anda juga bisa melihat deretan gapura-gapura megah nan-cantik yang berada di sisi timur jalan. 

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER