31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSSMK Raden Umar...

SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus Siapkan Film Animasi Kelas Dunia

SEPUTARKUDUS.COM – Sejumlah siswa di SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus kini tengah menyiapkan film 3D animasi kelas dunia berjudul Pasoa & Sang Pemberani. Penggarapan film tersebut ditunjang dengan piranti lunak Autodesk Maya yang juga digunakan untuk produksi film-film animasi Hollywood, di antaranya film Frozen dan Finding Nemo. Seluruh proses penggarapan film dikerjakan di studio animasi sekolah tersebut. 

Proses pembuatan karakter film 3D animasi Pasoa & Sang Pemberani. Sumber: Youtube Chanel RUS Animation Studio

Para siswa SMK RUS Kudus mengerjakan seluruh proses pembuatan film di studio animasi. Mulai dari pembuatan naskah, story board, pembuatan karakter. Setelah proses tersebut selesai, proses selanjutnya pembuatan model, gerakan, pencahayaan, dan efek animasi. Para siswa mengerjakan proses itu menggunakan perangkat lunak Autodesk Maya.

Pada pascaproduksi, para siswa menyempurnakan pewarnaan, penambahan efek suara dan mengisian suara masing-masing karakter. Setelah semua proses tersebut, film kemudian akan disusun menjadi animasi lengkap dengan suara yang utuh. 
 

Siswa SMK RUS Kudus mengerkan proses pembuatan film 3D animasi Pasoa & Sang Pemberani. Sumber: Yutube Chanel RUS Animation Studio
- Ads Banner -

Pembuatan program Kejuruan Animasi di SMK RUS Kudus didukuung oleh Autodesk, Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) dan Djarum Foundation Bakti Pendidikan. Program animasi itu dibuat untuk mendorong kebutuhan industri animasi yang terus berkembang di Indonesia. Dengan penyiapan program tersebut, para siswa kelak mampu memenuhi kebutuhan industri animasi di negeri ini.

Lebih dari itu, potensi yang dimiliki Bangsa Indonesia dipandang layak sebagai pusat industri animasi dunia. Selain sumber daya manusia yang telah disiapkan, satu di antaranya melalui program kejuruan animasi tersebut, Indonesia memiliki banyak potensi cerita rakyat yang mampu diangkat ke tingkat dunia melalui film animasi. 

Selain itu, banyaknya relief yang terdapat di sejumlah candi, menunjukkan teknologi animasi sebetulnya telah lama dikembangkan nenek moyang bangsa ini. Contohnya di Candi Baorobudur, yang memiliki relief bergambar yang memiliki cerita telah ada sejak tahun 800 Masehi. 

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler