31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaKUDUSJika Dilihat Teliti,...

Jika Dilihat Teliti, Patung Selaras dan Seimbang di Kudus Ini Mirip Apa Ya?

SEPUTARKUDUS.COM – Kudus memiliki banyak patung yang mempunyai bentuk futuristik. Satu di antaranya Patung Selaras dan Seimbang yang terdapat di persimpangan Penthol. Patung di tengah taman itu memiliki warna dominan hijau dan menjadi ikon kawasan tersebut. Bentuknya yang futuristik membuat banyak orang tak mengerti makna patung tersebut.

Patung Selaras dan seimbang kudus
Patung Selaras dan Seimbang di Kudus. (Foto: seputarkudus.com)

Patung tersebut memiliki dua bentuk. Bentuk pertama lebih rendah dari bentuk kedua. Bentuk patung pertama menggambarkan manusia dengan bidang stilasi cengkeh. Sedangkan bentuk kedua menggambarkan manusia yang di atasnya terdapat bentuk yang mirip dengan daun tembakau dan burung dan siap terbang menuju masa depan (Kompas, 2009). (Baca juga: Inilah Patung dan Tugu di Kudus yang Menakjubkan)

Patung Selaras dan Seimbang dibangun Pemerintah Kabupaten Kudus dan sebuah perusahaan rokok ternama di Kudus. Desain patung dirancang pematung asal Jakarta bernama Benny Ronald Tahalele. Patung berbahan logam yang dicor tersebut, memiliki tinggi 5 meter. Patung Selaras dan Seimbang dibuat untuk memantapkan Kudus sebagai Kota Kretek.

patung_selaras_dan_seimbang
Berada di pusat kawasan Penthol, Desa Rendeng, Kabupaten Kudus, Patung Selaras dan Seimbang menjadi ikon kota di sudut timur. (Foto: seputarkudus.com)
- Ads Banner -

Kawasan Penthol berada di Jalan Jendral Sudirman, Kudus, berada di sudut timur kawasan perkotaan yang sangat strategis. Patung Selaras dan Seimbang menjadi oase sekaligus ikon kawasan yang memiliki setidaknya tiga persimpangan tersebut. Patung yang berada di jalan nasional itu juga menjadi simbol Kudus sebagai Kota Kretek yang bisa dilihat masyarakat luar daerah dari dan menuju pusat kota. 

Selain patung itu, Kudus juga semakin mantab dikenal sebagai Kota Kretek dengan dibangunnya Gerbang Kudus Kota Kretek, di sudut barat kawasan perkotaan. Gerbang yang pembangunannya menelan dana Rp 16 miliar itu menjadi ikon baru Kabupaten Kudus dan sangat populer bagi masyarakat di Indonesia, khususnya Jawa Tengah.
 
   

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler