31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKUDUSRMP Sosrokartono, Pahlawan...

RMP Sosrokartono, Pahlawan yang Terlupakan (1)

Mahasiswa Pertama Belajar di Luar Negeri

SEPUTAR KUDUS – Di kompleks Makam Sedo Mukti, Kaliputu, Kudus, terdapat sebuah makam  milik pejuang kemerdekaan, yakni Raden Mas Panji (RMP) Sosrokartono. Nama itu kini dijadikan sebuah nama jalan, yakni  Jalan Sosrokartono. Tak banyak memang yang mengenal sosoknya, meskipun jasanya begitu besar terhadap bangsa ini. 

Lahir di sebuah Jepara, tepatnya di Desa Mayong, Kecamatan Mayong, pada 10 April 1877 silam, Sosrokartono tumbuh sebagai seorang intelektul yang menurut Bung Hatta sebagai seorang yang jenius.


Sosro Kartono terlahir dari keluarga bangsawan, putra pasangan Raden Mas Adipati Ario (RMAA) Sosroningrat dan Mas Ayu Ngasirah. Ayahnya merupakan seorang Bupati Jepara. Memiliki tujuh saudara, salah satunya adalah Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan emansipasi perempuan Indonesia. Hubungan Sosrokartono dan Kartini sendiri bisa dikatakan sangat dekat karena mereka saudara seibu dan sahabat dalam berbagi dalam banyak hal, termasuk bagaimana upaya keduanya melawan penindasan yang dilakukan Pemerintahan Hindia Belanda, saat itu.


Sosrokartono muda mengenyam pendidikan Eropesche Lagere School di Jepara. Kemudian melanjutkan pendidikannya ke H.B.S. di Semarang dan pada tahun 1898 meneruskan sekolahnya ke negeri Belanda. Mula-mula Ia masuk di sekolah Teknik Tinggi di Leiden. Namun, karena merasa tidak cocok Ia pindah ke Jurusan Bahasa dan Kesusastraan Timur. Sosrokartono merupakan mahasiswa Indonesia pertama yang belajar  ke luar negeri. Setelah dia, banyak yang kemudian menyusul, di antaranya generasi Bung Hatta, dan sejumlah tokoh pergerakan kemerdekaan launnya. Dengan menggenggam gelar Docterandus in de Oostersche Talen dari Perguruan Tinggi Leiden, Sosrokartono kemudian mengembara ke seluruh Eropa dan menjelajahi berbagai pekerjaan. (Mase Adi Wibowo)

Artikel terkait:
Sosrokartono (1) Mahasiswa pribumi pertama belajar di luar negeri
Sosrokartono (2), seoarang jenius menguasai 27 bahasa
Sosrokartono (3) simbol kebangkitan intelektual
Sosrokartono (4) kemabali ke Indonesia
Sosrokartono (5-habis) jenazahnya disemayamkan di Kudus

Redaksi
Redaksi
Beta adalah media online yang lahir di era digital. Berita yang disajikan unik, menarik dan inspiratif. Serta dikmas dalam bentuk tilisan, foto dan video.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler