31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Jangan Senang Dulu, Ini Bahayanya Anak Bisa Membaca di Usia Dini (3)

Melalui kegiatan mengamati secara mandiri itu, kata Nining, mereka bisa bereksperimen sendiri dan mencari tahu sendiri. Dari proses pencarian itu, mereka akan menganalisis, uji coba, hingga menemukan jawaban yang diinginkan.

Metode pembelajaran inkuiri sesuai dengan Kurikulum Merdeka

Dia mengatakan, pembelajaran dengan metode inkuiri sebenarnya sejalan dengan kurikulum merdeka. Ada setidaknya enam karakter yang coba ditanamkan kepada anak-anak di kurikulum merdeka, artinya ketika mereka lulus karakter seperti apa yang ingin ditanamkan.

Pasiningsih, M.Ed, memberikan materi perkuliahan di PIAUD IAIN Kudus, beberapa waktu lalu. Foto: Kaerul Umam

“Yang pertama adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, kedua berkebinhekaan global, ketiga gotong royong, keempat berpikir kreatif, kelima berpikir kritis, yang terakhir mandiri,” paparnya.

Baca juga: Siswa TK Cahaya Nur Belajar ke BPBD Kudus, Coba Naik Perahu Hingga Padamkan Api

Oleh sebab itulah, kata Nining, inkuiri penting untuk anak usia dini karena sudah cocok dan sejalan dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, terutama dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menurutnya, jika karakter tersebut ditanamkan sejak dini atau di usia golden age, anak-anak akan lebih mudah dibentuk karakternya, dibandingkan mengajarkan mereka ketika sudah menginjak usia dewasa.

“Seperti yang kita ketahui bahwa mengajarkan orang dewasa akan lebih susah,” tambahnya.

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER