31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Jangan Senang Dulu, Ini Bahayanya Anak Bisa Membaca di Usia Dini (3)

“Penerapan inkuiri untuk anak usia dini memiliki banyak kelebihan, karena anak-anak belajar secara langsung dan nyata,” ujar dosen yang juga merupakan .

Pasiningsih, M.Ed, dosen PIAUD IAIN Kudus menjelaskan tentang inkuiri, beberapa waktu lalu. Foto: Kaerul Umam

Selain menggali informasi tentang pendidikan anak usia dini dan pembelajaran berbasis inkuiri ke UMK, Betanews.id juga bertemu dengan Pasiningsih, M.Ed, dosen di Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Institusi Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Menurutnya, kata inkuiri berasal dari Bahasa Inggris yaitu inquiry. Menurut kamus Meriem Webster, inqiry berarti request for information atau permohonan informasi.

“Sedangkan untuk konteks pembelajaran inkuiri, bisa dimaknai sebagai strategi pembelajaran yang berfokus pada pencarian informasi atau investigasi. Secara sederhana seperti itu,” jelasnya saat ditemui di kampus IAIN Kudus beberapa waktu lalu.

Baca juga: Siswa RA NU Banat Kudus Praktik Jual Beli di Kegiatan Market Day

Nining, begitu dirinya akrab disapa, menjelaskan, metode inkuiri digunakan untuk mengganti atau melawan pembelajaran tradisional yang dulu diterapkan untuk anak-anak usia dini. Pada metode pembelajaran anak usia dini yang dulu, guru hanya datang ke kelas dan langsung memberikan informasi tanpa melibatkan anak-anak dalam proses belajar.

Namun, dalam pembelajaran berbasis inkuiri, anak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. Guru tidak menjadi pusat informasi, tapi hanya menjadi fasilitator yang memberikan pertanyaan sebagai pemantik.

“Contoh kecil dari kejadian yang pernah saya alami. Keponakan saya menemukan ketam di sungai, dia bertanya apa makanan dari hewan tersebut. Saya tidak langsung menjawab pertanyaan itu. Saya kembalikan lagi dengan sebuah pertanyaan hingga dia menemukan sebuah jawaban,” ucapnya.

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER