31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Jangan Senang Dulu, Ini Bahayanya Anak Bisa Membaca di Usia Dini (3)

Ketika anak usia dini kebutuhan psikologisnya tak terpenuhi disebabkan tuntutan orang tua yang memaksanya harus bisa calistung, Richma mengatakan, ini akan berdampak negatif pada anak pada jenjang sekolah yang lebih tinggi. Meski anak-anak bisa calistung, pada pendidikan yang lebih tinggi, mereka akan kehilangan kepercayaan dirinya, malas belajar, dan tidak tertarik pada hal-hal baru, serta kreativitas mereka tidak akan berkembang.

Richmawa Hidayati menjelaskan materi kuliah di depan mahasiswa. Foto: Rabu Sipan

“Dampak bahaya mengajarkan anak-anak calistung yaitu anak-anak akan merasa kehilangan masa bermain. Akibatnya, secara psikologis mereka akan bisa jadi akan malas belajar, tidak kreatif, dan tidak mau mencoba hal-hal baru, ” ujar perempuan yang juga merupakan Dosen PGSD di materi kuliah Perkembangan Anak Usia SD tersebut.

Masa perkembangan anak usia dini

Richma menjelaskan, pola perkembagan anak dibagi dalam empat masa. Dia merinci, masa pertama usia 0-2 tahun atau masa bayi, kemudian 3-5 tahun masa anak-anak awal, 6-8 tahun masa anak-anak tengah, dan terakhir 9-12 tahun masa anak akhir. Anak-anak usia dini termasuk pada masa anak-anak awal yang biasa disebut dengan golden age.

Baca juga: Outing Class, Program Pembelajaran PAUD Berbasis Inkuiri yang Asyik (1)

Pada masa golden age itu, kata Richma, perkembangan kognitif anak-anak berkembang sangat pesat. Perkembangan ini bisa maksimal saat informasi yang diterima diterapkan melalui bermain. Diusia golden age tersebut anak-anak seharusnya dibiarkan untuk mengeksplor apapun yang ada disekitarnya. Dengan begitu, motorik mereka akan bisa berkembang sesuai dengan usianya.

Menurut Richma, metode pendidikan yang tepat untuk anak usia dini adalah bermain sambil belajar, atau inkuiri. Inkuiri berasal dari teori behavioristik, yaitu metode pendidikan yang diterapkan berdasarkan pengalaman siswa.

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER