Ilustrasi Tol Semarang-Demak Seksi 1. Grafis: Manarul Hidayat

Teknologi yang dipilih dalam pembangunan jalan tol yang terintegrasi dengan tembok laut, yakni teknologi bambu. Ganjar mengaku sangat penasaran, bagaimana teknologi itu diterapkan untuk membangun tembok laut yang sekaligus menjadi jalan tol.

“Tadi saya sudah dipaparkan, bagaimana struktur dan penerapan teknologi bambu itu. Terus terang saya penasaran, ingin lihat uji cobanya seperti apa. Ingin rasanya kita lompat ke pertengahan tahun 2022, saat uji coba teknologi bambu ini selesai dilakukan,” tutur Ganjar.

Berdasarkan data yang dibuat oleh Kementrian PUPR, Tol Semarang Demak akan dibangun sepanjang 26,95 kilometer. Pembangunan jalan tol ini dibagi dalam dua seksi. Seksi 1 membentang dari Kaligawe di Kota Semarang hingga wilayah Sayung di Kabupaten Demak. Sedangkan Seksi 2 akan dibangun dari Sayung hingga ke Demak.

Banner Ads

Pada seksi 1, jalan yang akan dibangun sepanjang 10,54 kilometer. Dana yang dikucurkan dalam proyek ini sebesar Rp 10,9 triliun. Kontraktor yang melaksanakan pembangunan seksi 1 ini ada sejumlah perusahaan, termasuk PT PP. Dana ini bersumber dari dukungan pemerintah.

Sedangkan pada seksi 2, jalan yang akan dibangun sepanjang 16,31 kilometer. Anggaran yang akan digelontorkan pada seksi 2 ini sebesar Rp 5,4 triliun. Dana ini bersumber dari PPJT.

Tinggalkan Balasan