Ditemui terpisah Bupati Pati Haryanto mengaku telah memiliki anggaran untuk menangani bencana banjir. Dana tersebut dialokasikan untuk menormalisasi anak sungai yang mengalir ke Sungai Juana. Pihaknya juga sudah melakukan kerjasama dengan BBWS, dan meminta izin untuk menormalisasi anak-anak sungai tersebut.

“Jadi di Pati ini ada 26 anak sungai yang mengalir ke Sungai Juana, yang semua kewenangan dari BBWS. Jadi saya meminta izin menormalisasi sungai untuk mengatasi banjir. Sebab kalau kita menunggu dari pihak BBWS, dampaknya bisa semakin parah,” terang Haryanto saat ditemui di Pendapa Kabupaten Pati, beberapa waktu lalu.

Haryanto menjelaskan, normalisasi Juana sudah dilakukan dua tahun terakhir. Normalisasi dilakukan oleh BBWS Pemali Juana, dengan anggaran mencapai Rp 50 miliar. Namun, normalisasi yang dilakukan belum tuntas.

Banner Ads

“Oleh karena itu, supaya Pati tidak terkena dampak banjir rutinan ya, normalisasi Sungai Juana harus dilakukan sampai tuntas, dari hulu sampai hilir. Selama ini normalisasi Sungai Juana tidak tuntas, karena hanya sepotong-sepotong,” tuturnya.

Ia berharap, nantinya di kawasan yang dilintasi oleh Sungai Juana tersebut bisa dibangun kolam retensi. Sehingga, ketika debit air sungai tinggi bisa ditampung di kolam retensi, dan tidak meluap ke area persawahan atau permukiman warga.


Tim Lipsus 12: Rabu Sipan (Reporter/Host), Ahmad Rosyidi, Kaerul Umam (Reporter/Videografer), Suwoko (Editor), Andi Sugiarto (Video Editor), Manarul Hidyat (Videografis), Lisa Maina Wulandari (Translator), Ludfi Karmila (Transkriptor) Dian Ari Wakhidi (Perlengkapan)

Tinggalkan Balasan