Pemkab Kudus dan Pati Siap Hadapi Banjir

Hartopo, Bupati Kudus. Foto: Kaerul Umam

Penanganan banjir yang terjadi setiap tahun di sejumlah wilayah Kabupaten Kudus dan Pati terkendala kewenangan dan anggaran. Pendangkalan sungai yang dituding sebagai penyebab terjadinya banjir, tak bisa disentuh karena berada kewenangan BBWS.

Kepada Tim Liputan Khusus Beta News, Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pihaknya telah membuat sejumlah program mitigasi penanganan banjir. Mitigasi itu di antaranya penyediaan anggarananggaran Khusus terkait kebencanaan yang akan dilimpahkan ke Dinas PUPR Kudus, dianggarkan hingga Rp 20 miliar, yang salah satunya untuk bencana dan paska bencana.

“Anggaran tersebut merupakan anggaran rutin setiap tahun yang juga ada hubungannya dengan dinas PUPR. Anggaran itu untuk perbaikan jalan, bahkan juga untuk bencana dan pascabencana,” kata Hartopo, beberapa waktu yang lalu.

Banner Ads

Ia menuturkan, wilayah yang terdapat cekungan membutuhkan embung. Menurutnya, pembuatan embung sudah direncanakan sebelumnya. Namun rencana itu terkendala karena ada refocusing anggaran akibat pandemi, .

“Kami menargetkan untuk membangun embung di daerah Mejobo dan juga Kaliwungu. Daerah tersebut merupakan dataran rendah, ketika curah hujan tinggi di situ pasti terjadi genangan air yang luar biasa. Maka kita butuh embung untuk daerah yang rendah,” jelasnya.

Di dua kecamatan tersebut, lanjutnya, akan dibangun embung dengan luasan masing-masing 5 hektare. Kalkulasi aggaran pembuatan embung diperkirakan menelan biaya Rp 8-10 miliar. Dana tersebut untuk pembebasan lahan dan pembangunan fisik embung.

Tinggalkan Balasan