31 C
Kudus
Kamis, November 26, 2020
Beranda Kudus Parijoto, Tanaman Sabdo...

Parijoto, Tanaman Sabdo Wali yang Kaya Manfaat

BETANEWS.ID, KUDUS – Di sebuah rumah yang berada di Desa Colo, RT 01 RW 01, Kecamatan Dawe, Kudus, tampak seorang pria mengenakan kaus merah terlihat sedang menimbang buah parijoto. Dia adalah Triyanto (36), Pegiat Tanaman Parijoto dan Produsen Sirup Parijotho Alammu. Tri sapaan akrabnya, berbagi cerita kepada betanews.id tentang sejarah buah parijoto.

Sejak kecil, dirinya sudah mendapat cerita tentang buah tersebut. Bahwa, buah parijoto merupakan buah yang diberikan Sunan Muria kepada istrinya ketika hamil.

Baca juga : Parijoto Diklaim Jepara, Petani Colo: ‘Kenapa Pemkab Kudus Tak Baca Potensi Itu?’

“Kalau buah parijoto memang sudah ada sejak zaman Sunan Muria, bahkan dikenal tanaman sabdo wali, tanaman peninggalan Sunan Muria. Ada cerita, Istri Sunan Muria saat hamil kemudian memakan parijoto agar putra putrinya cantik dan tampan, tentu tidak hanya paras tetapi perilaku juga,” katanya.

Sepengetahuan Tri, cerita itu sudah menjadi cerita turun temurun di Desa Colo. Karena cerita itulah, kemudian muncul mitos jika memakan buah parijoto saat hamil anaknya akan cantik dan tampan.

Hingga saat ini, buah parijoto masih melekat dengan tradisi tujuh bulan kehamilan di Desa Colo. Di sana, jika belum melaksanakan tradisi tersebut akan merasa ada yang kurang.

“Tradisi mitoni di sini masih sangat erat dengan buah parijoto. Pokoknya kalau mitoni, hamil ke tujuh bulan tidak memakan buah parijoto akan merasa ada yang kurang. Tradisi itu masih melekat di masyarakat,” jelasnya, Jumat (16/10/2020).

Dia juga menambahkan, buah parijoto memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Di antaranya mengandung kardenolin, flavonoid, saponin dan tanin. Kandungan-kandungan pada buah parijoto bermanfaat untuk antioksidan tinggi, anti kanker, obat sariawan karena mengandung Vitamin C.

“Dari hasil penelitian, kandungan pada buah parijoto juga bagus untuk kesuburan kandungan. Jadi memang banyak manfaatnya,” ungkap bapak dua anak itu.

Karena banyaknya manfaat tanaman tersebut, Tri memanfaatkan buah tersebut untuk diolah menjadi sejumlah makanan dan minuman. Seperti sirup, teh, keripik dan permen.

“Selain itu juga bisa dibuat masakan asem-asem, garang asem, selai dan isian kue. Jadi saya berusaha melakukan inovasi dari tanaman parijoto agar bisa menjadi peluang usaha dan lapangan kerja,” tambahnya.

Baca juga : Selain Parijoto, Pamelo dan Pisang Byar Ternyata Sudah Jadi Tanaman Khas Daerah Lain

Selain memproduksi sirup parijotho, Tri juga gencar menyosialisasikan tentang tanaman khas lereng Gunung Muria itu kepada para petani. Tidak hanya di Kudus, dia juga mengajak petani lereng Gunung Muria di daerah Jepara dan Pati.

“Selain sosialisasi ke para petani di lereng Muria, saya juga siap memberi jaminan untuk membeli hasil tanaman mereka. Karena kebanyakan petani parijotho di daerah Jepara dan Pati masih belum bisa memasarkan hasil tanam parijoto mereka. Jadi saya siap mendampingi dan membeli hasil tanamnya,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Tinggalkan Balasan

27,184FansSuka
13,973PengikutMengikuti
4,306PengikutMengikuti
23,029PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler

UMK Eks Karesidenan Pati, Rembang Terendah Kudus Tertinggi

BETANEWS.ID, MAGELANG - Upah Minimum Kabupaten (UMK) di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2020. Kenaikannya bervariasi mulai dari...

Awalnya Hanya Hobi Ternak Ikan Guppy, Gankzoe’s Malah Mampu Ekspor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di ruangan sebuah rumah yang berada di RT 8 RT 3 Gang Sendrong, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten...

Pesona Pasir Putih Pantai Blebak Jepara yang Begitu Memikat

BETANEWS.ID, JEPARA – Semilir angin dari barisan pohon pinus menemani beberapa anak kecil bermain air di Pantai Blebak, Rabu (28/10/2020). Di bawah...

Perabotan Berbahan Kaca dan Alumunium di Tri Jaya Glass Ada Garansi 1 Tahun

BETANEWS.ID, KUDUS - Di tepi Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Undaan Lor, Gang 5, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, tampak beberapa orang sedang beraktivitas di...

Jembatan di Desa Kayen Pati Ambruk Diterjang Banjir

BETANEWS.ID, PATI - Siang itu, Selasa (24/11/2020) di Dukuh Carikan, RT 4 RW 3, Desa/Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati terlihat banyak warga yang...

Masa Depannya Buram Saat Kerja di Pabrik, Wahyu Kini Sukses Jualan Ban Motor

BETANEWS.ID, KUDUS - Di dalam sebuah bangunan yang berada di tepi Jalan Cipto Kusumo, Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tampak...

Setiap Hari Ratusan Orang Menikmati Sedapnya Nasi Gandul Pak Harjo yang Legendaris

BETANEWS.ID, PATI - Di tepi Jalan Diponegoro, Desa Puri, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, terlihat sebuah warung makan yang ramai  pengunjung. Beberapa orang...